Layanan
ENDODONSI

Perawatan Saluran Akar

Perawatan pengawetan gigi dilaksanakan dengan berbagai teknik sesuai tuntutan kemajuan jaman. Perawatan disini meliputi: penambalan dengan komposit yang warnanya sesuai dengan gigi asli yang dilakukan dengan cara penyinaran /
light cure composite dan jacket crown untuk gigi yang patah/fraktur atau berlubang lebih dari 1/3 mahkotanya.

Disini juga dilakukan perawatan saluran akar / saraf gigi pada gigi non vital yang mengalami peradangan dan infeksi, serta pemutihan gigi / tooth whitening

Endodontik adalah cabang kedokteran gigi yang khusus merawat dan menangani penyakit pada pulpa atau bagian dalam gigi. Pulpa gigi terdiri dari saraf, arteriol, jaringan limfatik, jaringan fibrosa, dan venula.

Perawatan endodontik dilakukan saat pulpa gigi mengalami cedera, kerusakan atau terserang penyakit. Tujuan utama endodontik adalah untuk mempertahankan gigi alami pasien agar terhindar dari proses rumit yang menghabiskan banyak waktu atau biaya pergantian gigi yang tinggi.

Dokter gigi yang bekerja di bidang ini disebut dokter gigi spesialis endodontik. Untuk menjadi seorang spesialis endodontik, dokter gigi wajib menyelesaikan pendidikan kedokteran gigi serta mengikuti pelatihan spesialisasi kedokteran endodontik selama sedikitnya dua tahun.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang dokter gigi spesialis endodontik menggunakan berbagai macam alat (termasuk teknologi pemindaian digital) dan melakukan berbagai prosedur perawatan, seperti:

Terapi endodontik, lebih dikenal sebagai terapi saluran akar gigi
Endodontik repetitif, merupakan prosedur endodontik yang diulang beberapa kali, atau prosedur yang lebih lanjut seperti pembedahan
Bedah mulut
Perawatan gigi yang mengalami cedera
Perawatan gigi retak atau rusak

Dari uraian di atas, kita bisa melihat bahwa gangguan pulpa gigi tidak harus diselesaikan dengan prosedur bedah. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat terapi saluran akar gigi tidak dapat dilakukan, seperti saat terdapat pengapuran gigi. Pengapuran atau kalsifikasi adalah penumpukan kalsium pada saluran akar, yang mengakibatkan peralatan yang biasa digunakan untuk prosedur terapi tanpa bedah tidak mampu menjangkau ujung akar. Sedangkan, prosedur bedah mampu membuka dan membersihkan saluran akar, sehingga dokter dapat melaksanakan prosedur yang dikehendaki. Selain itu, pasien akan lebih disarankan untuk mengikuti prosedur bedah, terutama jika gigi yang mengalami kerusakan terus merasa sakit walaupun telah menjalani terapi atau perawatan saluran akar.

Jenis bedah endodontik yang paling umum adalah apikoektomi, atau dikenal sebagai reseksi ujung akar gigi. Prosedur ini mengharuskan dokter untuk membuat sayatan pada jaringan gigi agar dapat menjangkau tulang sehingga jaringan yang terinfeksi dan ujung akar gigi dapat dibuang. Dokter akan mengakhiri prosedur dengan menutup ujung saluran akar menggunakan tambalan kecil sebelum menjahit gusi.

Pada jenis bedah endodontik yang lainnya, dokter perlu memperbaiki akar gigi yang luka, mengangkat satu atau lebih akar gigi, atau membelah gigi menjadi dua. Ada juga jenis endodontik yang disebut replantasi intensional, yang akan mencabut gigi, kemudian dilakukan perbaikan pada gigi tersebut , yang nantinya akan dipasang kembali pada rongga awal tempat gigi tersebut dicabut.

Prosedur bedah saluran akar gigi memang sangat menyakitkan bagi pasien, namun hal ini dapat diatasi dengan bius lokal. Prosedur ini membutuhkan waktu penyembuhan yang singkat dan pasien puntetap dapat beraktivitas dengan normal pasca prosedur bedah, walaupun rasa tidak nyaman merupakan hal yang wajar dirasakan, namun sifatnya termasuk ringan dan tidak akan menghambat aktivitas pasien.

Layanan Kami

Get In Touch With Us

Call us anytime
02180879255
02180879256
Email us
humas@rsgmtniau.com
info@rsgmtniau.com

Layanan Perjanjian

RSGM TNI AU juga memberikan kemudan kepada pasien dengan memberikan layanan Perjanjian dengan dokter

    RSGMTNI-AU

    Jl. Punto Dewo Jl. Halim Perdana Kusuma No.1, RT.4/RW.1, Halim Perdana Kusumah, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13610

    Our Awards
    Social Networks

    Visit DentiCare on these social links and connect with us. Make sure to follow our accounts for regular updates.

    Copyright 2020 by RSGMTNIAU. All rights reserved.

    Copyright 2020 by RSGMTNI. All rights reserved.