Pro dan Kontra Pasta Gigi yang Mengandung Bahan Triclosan

Agustus 21, 2022by admin20220

Bahan triclosan mungkin tidak asing lagi di telinga, karena penggunaan bahan kimia sangat luas. Mulai dari produk rumah tangga seperti berbagai jenis sabun, pasta gigi, obat kumur, shaving gel hingga barang kebutuhan lainnya seperti pakaian, peralatan dapur dan mainan anak-anak. Triclosan mulai digunakan sejak tahun 70-an dan mulanya digunakan sebagai antibakteri dalam prosedur medis.

Meski nyatanya bahan kimia ini banyak digunakan, efektivitas dan keamanannya bagi kesehatan masih menimbulkan pro dan kontra terutama bagi kesehatan anak-anak, Pada awal tahun 2010, Jurnal Academy of General Dentistry memuat artikel yang menyatakan bahwa pada gigi yang mengandung triclosan/kopolimer lebih baik dalam membubuh bakteri di dalam mulut daripada pasta gigi biasa yang mengandung flour. Menurut sang peneliti, Joseph J. Zambon, DDS, Ph.D, dari University at Buffalo School of Dental Medicine, dari penelitian-penelitian didapati bahwa triclosan yang ditambahkan ke pasta gigi dapat membantu menghambat pembentukan plak dan terjadinya radang gusi (gingivitis). Kopolimer membantu triclosan berada dalam mulut untuk waktu yang lebih lama, sehingga meningkatkan kemampuan triclosan dalam menghambat pertumbuhan bakteri mulut.

Namun beberapa penelitian lain yang baru-baru ini dipublikasikan menemukan bahwa triclosan dapat mengganggu sistem hormon dan membuat bakteri resisten terhadap antibiotik. Dengan adanya penelitian yang kontra ditambah lagi dengan adanya surat permintaan dari Edward Markey (Ketua dari Energy and the Environment), maka saat ini Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika atau FDA (Food and Drug Administration) tengah meninjau ulang penggunaan triclosan dan efeknya terhadap kesehatan seperti yang diberitakan oleh Washington Post awal April lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSGMTNI-AU

Jl. Punto Dewo Jl. Halim Perdana Kusuma No.1, RT.4/RW.1, Halim Perdana Kusumah, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13610

Our Awards
Social Networks

Visit DentiCare on these social links and connect with us. Make sure to follow our accounts for regular updates.

Copyright 2020 by RSGMTNIAU. All rights reserved.

Copyright 2020 by RSGMTNI. All rights reserved.